Selamat Membaca

Semoga Bermanfaat

Selasa, 19 Juli 2016

BELAJAR HARI INI

Sejarah Perkembangan Komputer

             Komputer dibagi dalam beberapa generasi berdasarkan sejarah perkembanganya. Pada setiap generasi dibedakan berdasarkan kemampuan teknologinya untuk melakukan serangkaian proses (capability), makin rendah biaya operasionalnya (effeciency) dan makin mudah menggunakannya (user friendly). Berikut beberapa perkembangan generasi komputer.
a. Komputer Generasi Pertama
             Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama di dunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m, dan tinggi 2.4 m dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Namun hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti : mudah pecah, dan cepat menyalurkan panas.
b. Komputer Generasi Kedua
             Sejarah perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor dapat menggantikan tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya mengubah semua ukuran mesin-mesin elektrik. Trasistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an.
 c. Sejarah Perkembangan Komputer Generasi            Ketiga
              Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. komputer generasi ketiga muncul era 1965-1971-an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian ditemukan pada batu kuarsa (Quartz rock). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya generasi ketiga.
d. Komputer Generasi Keempat
             Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (cental processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan diprogram untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.
e. Komputer Generasi Kelima
              Sejarah perkembangan komputer generasi kelima adalah komputer yang kita gunakan sekarang ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya : LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribua microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. perusahaan - perusahaan yang membuat microprocessor diantaranya adalah : Intel Corporation, Motorola, Zilog, dan lainnya lagi.  



Nah, buat kalian yang mau liat video dari kelima genarasi komputer, dibawah ini adalah link dari videonya ⬇⬇
https://youtu.be/GalcK0qWyLc



Semoga Bermanfaat 😊😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar